Jumat, 15 Juni 2012

SETTING KLEP SEPEDA MOTOR (HONDA)

TIPS SETTING KLEP SEPEDA MOTOR (HONDA)

Peringatan: katup yang benar atau salah akan mempengaruhi kinerja dari mesin Sepeda Motor. Berikut adalah cara cepat untuk mengatur katup pada sepeda motor Honda yang tepat.
 1. Siapkan alat meliputi:
 Obeng (-) besar 
Kunci T 17 (untuk Supra X bermotor   125/Karisma) 
Kunci T 14 (untuk Supra Fit motor, Tiger) 
Cincin 8-9 (untuk jenis motor bebek) 
Cincin 10-11 (Olahraga untuk motor tipe)
Cincin 17 (Olahraga jenis motor)
Cincin 24 (untuk jenis motor bebek) 
Fuller pengukur 
1set wrech Menyesuaikan Valve (kunci klep)
2. Buka penutup katup (Dalam dan Ex) dengan menggunakan gantungan kunci 17 (tipe bebek) atau Kunci Cincin 24 (Sport tipe)
3. Awalnya posisi katup bebas untuk kondisi atau posisi piston pada titik mati atas (TMA), dengan cara tutup magnet terbuka di sebelah kiri blok mesin menggunakan obeng (-) besar (ada 2 buah), gunakan mengunci cincin 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jam, 
4. Sementara memutar poros engkol, lihat katup Dalam bergerak, melihat lubang kecil di blok magnet posisi, tanda T pada garis lurus di blok magnet lubang kecil, 
5. Kemudian pegang dan menggoyangkan katup untuk memastikan mereka berada dalam posisi bebas,
 6. Jika langkah di atas sudah benar, kemudian melakukan penyesuaian katup dengan ukuran untuk masing-masing motor sebagai berikut: Jenis Sport (Tiger, Mega Pro, GL Pro, Phantom) ukuran = 0,10 mm (± 0,01 mm). Jenis Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) katup celah size = 0,05 mm (± 0,01 mm). Jenis Bebek (Supra X 125, Karisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03 mm (± 0,01 mm) Tipe Matic (Vario) ukuran celah katup (Valve In: 0,15 mm (± 0,01 mm) Ex Valve: 0,26 mm (± 0,01 mm )) Bagaimana tuning, kendurkan mur pengikat tappet adjuster (baut setelan klep) dengan menggunakan Cincin 8-9 / 10-11, 
7. Fuller kemudian dimasukkan alat pengukur celah katup sesuai dengan ukuran dari ujung ke batang katup, putar tappet adjuster (baut setelan klep) sampai Anda merasa kenyang ketika gauge di tarik terasa lamban dan jika tidak didorong,
 8. Kemudian mengeras lagi sesuai mur katup dan katup kembali memeriksa hasil sesuai sebelumnya, sampai hasilnya benar, (jika ukuran lebih lengkap ditarik tarik dan dorong tidak bisa), 
9. Tutup kembali semua komponen yang telah dibuka dan kemudian merasakan hasilnya. Manis! Jadi, semoga bermanfaat.
 Sumber: AHASS.WordPress.com 
(http://ahass.wordpress.com/2007/08/09/tips-menyetel-klep-sepeda-motor-honda)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar